comment this page



Kolesterol...Awww tidak

Kolesterol..
Banyak dari orang tua kita mengalami penyakit yang satu ini. Penyakit ini paling banyak diderita oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas tapi bukan berarti kita kita tidak bisa terkena penyakit ini.
Sebenarnya kolesterol itu apa sih??
Kolesterol ada 2:
1. Kolesterol jahat disebut LDL (Low Desnity Lipoprotein)berfungsi membawa kolesterol dari hati ke sel
2. Kolesterol baik disebut HDL (High Desnity Lipoprotein)berfungsi membawa kolesterol dari sel ke hati
Kolesterol sebenarnya memang ada dalam tubuh kita,karena beberapa hal kolesterol jahat dapat meningkat jumlahnya sehingga menyebabkan penimbunan kolesterol di sel yang akan berbahaya bagi tubuh. Kolesterol merupakan substansi lemak yang dibentuk didalam hati yang berasal dari lemak makanan yang kita makan.
Beberapa penyebab yang mengakibatkan LDL meningkat jumlahnya :
1. Makanan
makanan merupakan penyebab kolestrol yang paling utama, makanan yang mengandung lemak jenuh merupakan sumber penyakit kolesterol. diantaranya adalah : daging, mentega, makanan yang mengandung minyak banyak seperti kerupuk, telur.
2. Umur
orang yang berusia 40 tahun keatas jumlah kolesterol akan meningkat.
3. Jenis kelamin
Pria lebih rentan terkena kolesterol dbandingkan seorang wanita. Tetapi jika seorang wanita telah mengalami monopouse kadar kolesterolnya akan sama degan seorang pria.
4. Keturunan
Orang yang keluarganya mempunyai sejarah kolesterol yang tinggi memiliki potensi besar untuk terkena penyakit kolesterol.
5. Kegemukan
Orang yang gemuk akan mudah terkena kolesterol karena lemak yang ada dalam tubuh kemungkinan adalah LDL.

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan menimbulkan penyakit jantung dan stroke karena penyumbatan pembuluh darah akibat kelebihan kolesterol.

0 comments:

Posting Komentar

Back to TOP